BUDI DAN INDRA, Si Sahabat yang selalu bersama

Om Swastyasttu
Semoga pikiran yang baik selalu datang dari segala penjuru
Semoga bisa mengiinspirasi rekan-rekan pembaca


Suatu hari, dua orang sahabat berbincang-bincang di sebuah teras rumah mereka. Nama mereka adalah Budi dan Indra. Budi merupakan seorang mahasiswa di sebuah Perguruan Tinggi di Indonesia, dia seorang anak yg giat dan memang aktif dalam segala hal yang berbau organisasi dan sosial di masyarakat. Indra merupakan seorang mahasiswa di Perguruan Tinggi sama dengan Budi, dia seorang anak yang giat sama seperti Budi, tidak aktif dalam organisasi dan study-oriented merupakan mottonya.


Indra selalu tidak setuju dengan kegiatan Budi yang selalu bolak-balik kampus untuk rapat, latihan basket, latihan silat dan ikut-ikutan orang-orang di kampusnya untuk terjun ke desa mengajar anak-anak di sana. Indra berpikir bahwa hal-hal itu akan membuat budi tidak fokus dalam kuliahnya dan membuatnya menderita di masa depannya akibat hasil kuliahnya tidak bagus.

"Bud, ngapain sih kamu sibuk banget di kampus, lebih baik kamu belajar yang rajin, nanti IPmu bagus, lulusmu cepet!!!" Kata Indra

"Haha, emangnya dengan begitu akan bahagiaaa, ndraa??" Jawab Budi

Indra : Lha iyaa brooo, IPmu tinggi, Lulus cepet, apalagi selain bahagiaaa!
Budi  : Lho, abis itu kan kamu bakal repot nyari-nyari kerjaan to? Hahaha
Indra : Iya sihh, tp kalo km pinter, km pasti bakal dicari oleh pekerjaan!!!! *Ngototttz
Budi : Haha, iya siii. Tp abis itu, km pasti bakal sibuk terus, lembur dan segala halnya
Indra : Ihss, gpp kan, sibuk dulu, siksa diri, tapi nanti uangmu buanyaak kaaaan!!!! Hahaha
Budi : terusss? kalo uangmu banyak, km mau apaaain???
Indra : ha? *Bingung, ya kamu bisa beli mobil, rumah, trus nikah kannn, beressss!!!
Budi : Hahha, kalo kmu udah nikah, kamu juga bakal sibuk ngurus keluargamu kan, emang ada waktu buat nikmatin harta bendamu lg???
Indra : haaaa? Tapi kalo uang ku udahh banyak, aku bisa beli perusahaan kan. Aku tinggal duduk santai di rumahhhhhh.
Budi : haha, iya emang, tp apa km akan mendiamkan investasimu begitu saja, tidak km urus? Ingat, sampe uangmu banyak, umurmu sudah berapa?
Indra : ..... *terdiam
Budi : satu lagi, karena km terlalu stres mikirin kebahagiaanmu dari kuliah, kerja mati-matian, akhirnya stressmu menumpuk, menyebabkan badanmu rapuh, mungkin waktu km sudah bisa beli perusahaan itu, km kena sakit jantung akut. Hahaha. Akhirnya, uang yg kamu punya berujung di kantong rumah sakit.
Indra : *shock
Budi : ndraa, denger yaaa. Memikirkan kebahagiaan itu memang perlu, siapa sih manusia di dunia ini yang tidak ingin bahagiaa? Aku juga ingin, makanya aku ikut organisasi, aku ikut silat, basket dan ikut mengajar anak-anak desa, itu memang membuatku bahagia, makanya aku lakukan. Kuliah itu memang tanggung jawabku, makanya aku serius dalam belajar.
Dengan kita menyia-nyiakan masa muda kita hanya untuk fokus belajar di bangku kuliah karena ingin mendapatkan kebahagiaan di kemudian hari sebenarnya membuat kita tidak bahagia. Kita tertekan, kita tidak bebas dalam mencoba segala hal di dunia, dan kita akan stress hingga akhirnya tidak bahagia. Belajar itu bisa memiliki banyak bentuk bro, tidak hanya di secarik kertas di bangku kuliah!
Apakah dengan aku tidak mencurahkan 100% perhatianku di kuliah, aku tidak bisa lulus dengan IP tinggi? Aku jamin aku bisa, karena aku bertanggung jawab untuk berusaha sebaiknya di kuliah. Lalu, apakah aku tidak akan dapat pekerjaan? Aku jamin bisa, aku akan berusaha sebaiknya untuk itu, itu tanggung jawabku juga. Saat aku bekerja pun, aku akan membatasi diriku untuk bekerja, aku akan tetap menikmati bagaimana kebahagiaan yang telah tersedia di dunia ini. Uang banyak tidak akan membahagiakan kita ndraaa, tapi hanya akan memuaskan nafsu kita untuk memiliki segalanya. Aku tetap ingin menikmati segala aktivitas yang mungkin aku bisa lakukan, karena itu membuatku bahagia, aku tidak mau menunda-nundanya untuk masa depan yang sebenarnya tidak pernah bisa aku pastikan keterjadiannya :D
THE END

Begitulah dua orang sahabat itu becakap-cakap. Apa yg bisa kita petik di sini?
Banyak orang yang berpikir bahwa dengan menyiksa dirinya dalam suatu pekerjaan dan menunda-nunda kebahagiaannya sekarang untuk kebahagiaanya di masa depan. Alhasil, mereka sebenarnya sudah pasti tidak akan bahagia sekarang dan belum tentu bahagia di masa depan, karena hidup itu misteri. Kita tidak bisa menebak masa depan kita apalagi merencanakan bahwa masa depan kita akan mendapatkan kebahagiaan. Banyak orang sukses di kuliahnya menjadi tidak bahagia di masa depannya. Banyak sekali orang yang tidak serius kuliah mendapatkan kebahagiaan yang luar biasa di masa depannya. Intinya, hidup tidak bisa kita atur seperti keinginan kita.
Apa yang telah kita miliki sekarang merupakan kebahagiaan mutlak yang kita dapatkan, maka nikmatilah itu. Bersyukur atas apa yang telah kita miliki sekarang merupakan hal yang sudah pasti membuat kita bahagia. Jika anda suka basket, maka bermainlah basket dengan lepas dan anda pasti akan bahagia. Jika anda suka membantu orang, maka libatkan diri anda dalam kegiatan sosial, karena sudah pasti anda akan bahagia. Jangan korbankan apa yang telah kita miliki sekarang, alih-alih karena ingin membuat kebahagiaan yang banyak di masa depan, karena ingatlah, masa depan adalah misteri!!!
Indra tidak akan pernah puas untuk jawaban Budi, karena dia berpikir dengan sekarang dia menyiksa dirinya untuk terus belajar di bangku kuliah dengan sangat tekun, dia nanti akan mudah dalam masa depannya dan mendapatkan segalanya. IPnya yang setinggi langit akan membuatnya  jadi target incaran perusahaan besar. Indra tidak akan pernah puas, dia akan selalu ingin menjadi yang terdepan, dan ingin selalu diakui. Alhasil, dia akhirnya menenggelamkan dirinya dengan segala pembelajaran kampusnya, dengan buku-buku, jurnal dan lain halnya.
Budi sangat puas dengan apa yang telah ia capai sekarang, alhasil dia bahagia. Dia tetap main basket, latihan silat, mengajar anak-anak di desa, rapat di unitasnya, dan tetap belajar dengan tanggung jawab dalam bangku kuliahnya. Dia pun bahagia.

Indra dan Budi sebenarnya merupakan kiasan untuk dua hal yang ada dalam diri kita. Indra merupakan segala panca indra yang kita miliki, yang selalu mendorong kita untuk melakukan segala hal yang membuat indra-indra kita merasa puas, tetapi intinya indra kita tidak akan pernah puas.
Budi merupakan hati nurani kita, dia selalu lemah lembut meminta kita untuk bersikap dan meminta kita bertindak berlawanan dengan pemuasan kebutuhan Indra-indra kita. Namun, Budi akan selalu mendorong kita untuk bertindak luar biasa dan selalu membuat kita merasa bahagia.
Saat ini, apapun itu yang telah kita miliki, merupakan hal terpenting yang pernah kita miliki. Mensyukurinya merupakan hal yang membuat kita bahagia. Namun, sering kali si Indra akan datang dan mengatakan bahwa itu belum cukup, tergantung kalian mau mendengarkan si Indra atau si Budi.

Semoga bermanfaat,
tanpa maksud apapun, semoga bisa menjadi bahan renungan bagi kita semua. Cerita ini terinspirasi dari kehidupan nyata penulis dan dari sebuah buku bacaan penulis yang ditulis oleh seorang guru yang luar biasa, Ajahn Brahm, terima kasih

Om Santih Santih Santih Om


0 comments :

Post a Comment

 

PENULIS DALAM KATA


"Saya Orang yang Hebat dengan Mimpi yang Hebat karena Tuhan yang Hebat melahirkan saya untuk mengubah Dunia ini menjadi lebih Hebat"

I Wayan Bayu Diatmika dalam Dream Clothing Company, 2011

Temukan saya di Instagram

Jepret-Jepret Lensa Nakal

Temukan saya di Google

Bangga Menjadi Bagian Indonesia

Bangga Menjadi Bagian Indonesia
Indonesia merupakan sebuah negara yang sangat kaya. Alam yang Indah dengan Hasil Alam yang mellimpah. Iklim yang sangat baik untuk hidup. Manusia yang berlimpah dengan bakat dan kemampuan yang luar biasa. Budaya yang sangat maju, dan jauh lebih maju dibandingkan dengan negara yang mengaku sebagai negara yang maju dan adi daya saat ini. Kemampuan Spiritual di Indonesia juga sangat tinggi. Tuhan benar-benar dipahami dan diketahui oleh Leluhur Indonesia. Itulah Manusia, Alam, Budaya dan Tuhan yang selalu membuat kebanggan menjadi bagian dari Indonesia.

Tuhan, Manusia, Alam

Tiga hal yang harus diseimbangkan dalam mencapai kebahagiaan ialah Tuhan, Manusia dan Alam. Konsepsi Tertingginya ialah berbakti kepada Tuhan. Bakti tersebut turun ke dalam dua konsep berikutnya ialah menjaga hubungan baik dengan Manusia dan Alam. Muara dari pemahaman ini ialah tentang seberapa baik manusia memahami dirinya sendiri.

Kebenaran?

Kebenaran adalah Kepedulian. Saat engkau berbuat sesuatu kepada orang lain dengan berlandaskan pada Kepedulian maka di sana terdapat Kebenaran. Saat engkau berbuat Baik sekalipun kepada orang lain namun dengan berlandaskan menginginkan suatu balasan pahala dari Tuhan maka perbuatan tersebut telah menjauhi substansi kebenaran. Dimana kepedulian ditegakkan menjadi landasan perbuatan maka di sana kebenaran telah tumbuh sebagai Pohonnya. OM, Santi

TWEET @IWAYANBAYU

YUK KUNJUNGI ASESORISMU DI SINI

 Luh Pernak-Pernik
Salah satu brand lokal yang mencoba untuk memberikan jiwa indie dalam produknya, Luh Pernak-pernik hadir untuk memberikan anda aksesoris untuk mempercantik penampilan harian anda. Luh PernakPernik menawarkan produ-produk ekonomi berupa kalung dan perhiasan yang mampu meningkatkan kepercayaan diri anda. Luh PernakPernik fokus memberikan produk yang memuaskan sehingga dalam setiap produknya, Luh PernakPernik selalu mengemas produk dalam bentuk box perhiasan eksklusif yang mampu membuat anda semakin menyayangi perhiasan anda. Saat ini, Luh PernakPernik telah mengembangkan usahanya dengan bekerja sama dengan beberapa pengerajin perhiasan khas bali sehingga produk yang ditawarkan oleh Luh PernakPernik juga menyediakan produk-produk yang bernuansa adat bali dan nusantara indonesia.  

SVAHARYA si Karya Anak Bangsa

SVAHARYA si Karya Anak Bangsa
Kekuatan Seni dan Produk Seni Indonesia sangat kuat, pantas untuk disandingkan dengan produk mancanegara. Keinginan Anak Bangsa yang satu ini sangat kuat untuk mengangkat kain batik, endek, dan kerajinan kain asli Indonesia lainnya untuk menjadi produk-produk yang berkualitas dan menjual. Dengan konsep produksi yakni satu produk hanya dimiliki oleh satu orang saja, pembeli mana yang tidak ingin memiliki produk yang eksklusif, berkualitas, dan hanya ada satu di dunia. Mari temukan produk tersebut di sini, di Svaharya, www.svaharya.com