MENENTUKAN SIFAT ANJING SEBELUM DIPELIHARA-TRADISI MASYARAKAT BALI

OM Swastyastu
"Semoga pikiran yang baik selalu datang dari segala penjuru"


"Orang Bali memiliki hubungan yang baik dengan anjing. Hampir di semua kediaman masyarakat Bali, anjing selalu ada sebagai hewan peliharaan. Anjing memang sudah menjadi sahabat terbaik bagi masyarakat di Bali"
My Lovely Chiko

Orang Bali memiliki hubungan yang baik dengan anjing. Hampir di semua kediaman masyarakat Bali, anjing selalu ada sebagai hewan peliharaan. Anjing memang sudah menjadi sahabat terbaik bagi masyarakat di Bali. Kesetiaan anjing kepada pemiliknya telah menciptakan suatu hubungan yang sangat dekat antara manusia dengan manusia. Di seluruh dunia, anjinglah yang dinyatakan sebagai hewan sahabat terbaik manusia. Kesetiaan anjing telah dikenal juga lewat cerita keagamaan di antaranya, Yudistira Swarga pada Parwa ke-17 Mahabharata. Diceritakan bahwa Yudistira tidak sudi masuk sorga jika dewa tidak mengizinkannya masuk bersama anjing putih yang setia menemani sejak meninggalkan Istana Indraprasta hingga ke puncak Gunung Mahameru tempat para dewa berstana. Selain di kisah tersebut, dapat kita temukan banyak sekali kisah-kisah kesetiaan anjing yang terjadi di lingkungan sekitar kita dari Hachiko Monogatori di Jepang, kisah beberapa anjing yang setia menjaga pemilikinya yang mengalami cacat fisik, anjing yang menemani pemilikinya berburu, dan lainnya. Dapat kita simpulkan memang, anjing memang sudah sangat terbiasa dengan manusia, dan mereka memiliki ikatan batin dengan manusia terutama pemilikinnya, hanya anjing yang bisa seperti itu.
Persahabatan Anjing dan Manusia


Dalam tradisi masyarakat Bali sendiri, ada suatu cara tersendiri guna memilih anjing yang akan dijadikan peliharaan nantinya. Tradisi ini sudah secara turun-temurun diwariskan oleh leluhur masyarakat Bali hingga sekarang. Dalam Lontar Carcan Asu yang ditemukan di Gedong Kirtya Singaraja, setidaknya ada sekitar 31 sifat anjing yang dituliskan. Ada cara mudah yang selalu digunakan masyarakat Bali untuk menentukan sifat anjing sebelum diputuskan akan memelihara anjing tersebut, yakni Penghitungan Paksa, Jaya, Guna, Ketek dan Kiul. Berikut caranya :

Pertama-tama, ukurlah panjang dari ujung hidung anjing (moncong) hingga ujung ekor. Ukurlah seakurat mungkin. Kita dapat mempergunakan Tali, lidi yang lentur, dan alat ukur lainnya.

Kemudian, kita ukur ujung hidung (moncong) hingga titik di antara mata anjing. Lalu dengan ukuran tersebut, bagilah ukuran dari moncong hingga ujung ekor dengan ukuran ujung moncong hingga titik di antara mata. Bagi ukuran tersebut dengan mengulang urutan Paksa, Jaya, Guna, Ketek dan Kiul, lalu liat mana yang menjadi urutan terakhir dari pembagian tersebut apakah Paksa? Jaya? Guna? Ketek? atau Kiul? Urutan tersebut yang akan menjadi sifat dominan dari anjing tersebut nantinya. Adapun sifat dominan dari masing-masing tersebut ialah sebagai berikut :
  • PAKSA 
    Jika jatuh pada urutan Paksa, maka anjing tersebut nantinya akan dominan memiliki karakter yang Galak dan Agresif. Anjing berkarakter ini akan setia dengan pemiliknya dan selalu memiliki kecurigaan dengan setiap orang asing yang mendekati pemilikinya serta rumah pemilikinya. Anjing sangat cocok untuk dijadikan anjing penjaga rumah namun sangat tidak sesuai jika diajak untuk bergaul dengan orang-orang karena sifatnya yang agresif sehingga dapat membahayakan orang yang diangapnya asing. Jika kita memelihara anjing dengan karakter ini, kita sebaiknya sering mengajak anjing kita untuk pergi keluar dan bersosialisasi dengan tetangga dan orang terdekat sehingga anjing menjadi lebih familiar dan bisa membedakan mana yang benar-benar orang asing dan berbahaya.
  • JAYA
    Jika jatuh di Jaya, anjing tersebut akan dominan berkarakter seperti penguasa. Anjing ini akan cederung aktraktif. Jika anda coba ikat anjing ini, anjing ini akan cengeng dan ribut. Anjing ini akan manja dan cederung lebih sering merengek-rengek pada pemilikinya. Sesuai dengan sebutan karakter ini, "JAYA", anjing dengan karakter ini akan cederung ingin berjaya pada pemilikinya. Anda yang sibuk dan tidak banyak punya waktu bersama anjing anda lebih baik tidak memilih untuk memelihara anjing ini karena akan berdampak tidak baik pada hubungan anda. Anjing karakter ini sangat cocok dijadikan peliharaan rumahan yang sering dibelai dan berinteraksi, tidak cocok untuk menjaga rumah, cocok diajak bersama melakukan kegiatan seperti jalan-jalan, joging, dan lainnya. Anjing ini akan lebih dekat dengan pemiliknya. Anda yang mudah tidak tega saat melihat tampang anjing yang memelas lebih baik jangan memelihara anjing ini karena anda yang akan dikuasai oleh anjing ini atas sifatnya. Anjing ini sangat cocok untuk anda yang ingin mendapatkan teman karena anjing dengan karakter ini akan setia menemani semua kegiatan anda. Namun, anjing ini cenderung agak sulit untuk dilatih, perlu pendekatan yang baik dari pemilik untuk melatih anjing tipe ini.
  • GUNA
    Jika jatuh di Guna, anjing akan berkarakter penurut dan sangat mudah untuk dilatih. Apapun tujuan untuk memelihara anjing, usahakan untuk memelihara anjing tipe ini karena anjing akan sangat mudah untuk dilatih. Sesuai dengan namanya, Guna, anjing akan sangat memberikan manfaat bagi pemiliknya. Namun, jika anda ingin memelihara anjing untuk penjaga rumah, lebih baik jika anda langsung menemukan anjing dengan karakter Paksa dibandingkan Guna karena sifat alami Paksa yang memang sebagai anjing penjaga.
  • KETEKJika jatuh di Ketek, anda mesti sedikit waspada dengan anjing anda. Tipe ini memiliki karakter berkebiasaan buruk dan kotor. Sifat hewan alami anjing akan sangat tampak pada kakater ini. Anjing ini cenderung kotor, suka menggali-gali tanah, air liurnya tidak terjaga, susah dimandikan, dan paling suka mengorek-ngorek sampah dan tong sampah. Anda yang ingin punya anjing peliharaan yang bersih, bisa diajak tidur di dalam ruangan bersih, sangat dianjurkan untuk menghindari karakter ini. Tapi jika anda yang memang suka membiarkan anjing anda berkeliaran di pekarangan rumah, tipe ini sangat cocok.
  • KIUL
    Jika jatuh di Kiul, Anjing anda dominan berkarakter pemalas. Anjing tipe ini akan suka makan dan tidur. Kurang cocok untuk anda yang menginginkan teman untuk berkegiatan. Anjing cocok untuk orang yang sibuk dan kurang punya waktu untuk bersama anjingnya. Anjing ini cocok digunakan sebagai penunggu di rumah tapi tidak bisa sebagai penjaga yang dihandalkan.
Itulah cara tradisi masyarakat Bali untuk menentukan sifat anjing peliharaan. Semua sifat tersebut sebenarnya dimiliki oleh semua anjing namun akan cederung ada dominansi salah satunya. Pemilihan anjing yang baik akan sangat memberikan manfaat bagi anda yang ingin memiliki anjing peliharaan. Selain melakukan penghitungan sifat ini, selalu berikan air ludah anda kepada anjing anda untuk mereka telan. Hal itu akan membuat mereka mengenal anda dan jauh lebih setia.
Semoga bermanfaat
sumber bacaan pendukung artikel ini : tradisi masyarakat Bali dan masyarakat sekitar Penulis - Bali

by : iwayanbayudiatmika

OM SANTI SANTI SANTI OM

0 comments :

Post a Comment

 

PENULIS DALAM KATA


"Saya Orang yang Hebat dengan Mimpi yang Hebat karena Tuhan yang Hebat melahirkan saya untuk mengubah Dunia ini menjadi lebih Hebat"

I Wayan Bayu Diatmika dalam Dream Clothing Company, 2011

Temukan saya di Instagram

Jepret-Jepret Lensa Nakal

Temukan saya di Google

Bangga Menjadi Bagian Indonesia

Bangga Menjadi Bagian Indonesia
Indonesia merupakan sebuah negara yang sangat kaya. Alam yang Indah dengan Hasil Alam yang mellimpah. Iklim yang sangat baik untuk hidup. Manusia yang berlimpah dengan bakat dan kemampuan yang luar biasa. Budaya yang sangat maju, dan jauh lebih maju dibandingkan dengan negara yang mengaku sebagai negara yang maju dan adi daya saat ini. Kemampuan Spiritual di Indonesia juga sangat tinggi. Tuhan benar-benar dipahami dan diketahui oleh Leluhur Indonesia. Itulah Manusia, Alam, Budaya dan Tuhan yang selalu membuat kebanggan menjadi bagian dari Indonesia.

Tuhan, Manusia, Alam

Tiga hal yang harus diseimbangkan dalam mencapai kebahagiaan ialah Tuhan, Manusia dan Alam. Konsepsi Tertingginya ialah berbakti kepada Tuhan. Bakti tersebut turun ke dalam dua konsep berikutnya ialah menjaga hubungan baik dengan Manusia dan Alam. Muara dari pemahaman ini ialah tentang seberapa baik manusia memahami dirinya sendiri.

Kebenaran?

Kebenaran adalah Kepedulian. Saat engkau berbuat sesuatu kepada orang lain dengan berlandaskan pada Kepedulian maka di sana terdapat Kebenaran. Saat engkau berbuat Baik sekalipun kepada orang lain namun dengan berlandaskan menginginkan suatu balasan pahala dari Tuhan maka perbuatan tersebut telah menjauhi substansi kebenaran. Dimana kepedulian ditegakkan menjadi landasan perbuatan maka di sana kebenaran telah tumbuh sebagai Pohonnya. OM, Santi

TWEET @IWAYANBAYU

YUK KUNJUNGI ASESORISMU DI SINI

 Luh Pernak-Pernik
Salah satu brand lokal yang mencoba untuk memberikan jiwa indie dalam produknya, Luh Pernak-pernik hadir untuk memberikan anda aksesoris untuk mempercantik penampilan harian anda. Luh PernakPernik menawarkan produ-produk ekonomi berupa kalung dan perhiasan yang mampu meningkatkan kepercayaan diri anda. Luh PernakPernik fokus memberikan produk yang memuaskan sehingga dalam setiap produknya, Luh PernakPernik selalu mengemas produk dalam bentuk box perhiasan eksklusif yang mampu membuat anda semakin menyayangi perhiasan anda. Saat ini, Luh PernakPernik telah mengembangkan usahanya dengan bekerja sama dengan beberapa pengerajin perhiasan khas bali sehingga produk yang ditawarkan oleh Luh PernakPernik juga menyediakan produk-produk yang bernuansa adat bali dan nusantara indonesia.  

SVAHARYA si Karya Anak Bangsa

SVAHARYA si Karya Anak Bangsa
Kekuatan Seni dan Produk Seni Indonesia sangat kuat, pantas untuk disandingkan dengan produk mancanegara. Keinginan Anak Bangsa yang satu ini sangat kuat untuk mengangkat kain batik, endek, dan kerajinan kain asli Indonesia lainnya untuk menjadi produk-produk yang berkualitas dan menjual. Dengan konsep produksi yakni satu produk hanya dimiliki oleh satu orang saja, pembeli mana yang tidak ingin memiliki produk yang eksklusif, berkualitas, dan hanya ada satu di dunia. Mari temukan produk tersebut di sini, di Svaharya, www.svaharya.com