Dimanakah letak masalah tersebut?

Jari-jari kecil temanku dengan lincah menari-menari di atas papan keyboard-nya. Sesekali mata panda temanku melirik bak seorang penari bali kepada lembaran kertas yang penuh berisikan angka dan grafik. Itu adalah kertas analisis statistik hasil pengumpulan data skripsi yang telah ia lakukan hampir tiga bulan ke belakang ini. Sesekali ia melihatku dan mengabaikan rasa penasaranku pada layar laptopnya. Ia tampak begitu penuh dengan angka dan huruf.

"Bagaimana aku akan menyelesaikan ini semua? Aku sudah sangat lelah membaca statistik dan menuliskan angka ini ke dalam huruf! Dosen Pembimbingku begitu galak dan tidak mau memberikanku toleransi sedikit pun" temanku mulai mengeluh dan pikiran liarku berkerja. 

Banyak hal dapat berubah menjadi masalah di dalam pikiran kita. Pikiran kita berproses mengolah rangsangan yang ada di sekitar dan merubahnya menjadi suatu respon di dalam tubuh dan masalah adalah salah satu darinya. Hal sepele dapat menjadi masalah dan hal yang paling berpotensi bermasalah pun ternyata mampu menjadi bukan masalah. Lalu binatang apakah masalah sebenarnya? dimana ia berada sebenarnya?

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . 



OM Swastyastu,
semoga pikiran yang baik datang dari segala penjuru . . . 

Manusia memiliki otak yang begitu luar biasa. Pikiran kita sebenarnya adalah suatu ruang dimensi dimana otak kita bekerja mencurahkan segala perspektif yang tersimpan di dalamnya atau berasal dari luar tubuh kita, dan kemudian menghasilkan suatu perspektif baru yang akan menentukan persepsi kita terhadap sesuatu. Definisi saya di atas tentu mengarahkan kita ke dalam suatu kerangka pikir bahwa pikiran kita adalah suatu ruang persepsi yang berarti memiliki rasa subjektif di dalamnya. Walaupun tidak berasal dari paparan artikel ilmiah, namun seperti inilah pikiran bekerja. Apakah anda sudah mampu menemukan posisi binatang yang disebut masalah setelah ulasan tersebut?

Masalah merupakan salah satu produk persepsi dari pikiran kita sendiri. Ia berasal dari olah perspektif yang dilakukan oleh otak anda dan kemudian akhirnya memberikan pikiran anda sebuah perspektif baru terhadap suatu keadaan. Mudahnya, perspektif baru itulah yang sering membuat anda tertekan dan merasakan suatu keadaan yang tidak nyaman, kemudian anda sebut dengan istilah masalah. Sadarkah anda betapa liarnya pikiran kita ternyata??? Jikalau seperti itu adalah proses tercipta suatu perspektif yang disebut dengan masalah maka, bagaimana jika seseorang ternyata memiliki pikiran yang menghasilkan suatu perspektif yang tidak membuat rasa tidak nyaman bagi diri anda? namun justru membuat suatu rasa tertantang? atau rasa positif? Proses kelahiran Masalah tampaknya terganggu di dalam orang-orang dengan proses pikiran seperti itu. 

Hemat kata, dimanalah letak masalah sebenarnya? Pikiran.
Apakah suatu masalah adalah nyata? Tidak! Ia tidak nyata dan jika anda menganggapnya nyata , maka ia akan mampu mendilusikan realitas hidup anda. Semangat anda akan tersedot di dalamnya.

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . 

Di sanalah letak kebingungan kita umumnya sebagai manusia. Kita sering kali mengalami sesuatu dan kemudian mencapnya sebagai suatu Masalah. Kenyataanya, itu tidak nyata! Semua keadaan bisa saja adalah peluang berkat Yang Maha Kuasa bagi anda. Di sinilah dilusi pikiran anda bekerja. Jika pikiran kita liar dan diiarkan begitu saja menganggap suatu keadaan adalah masalah maka anda akan terhambat oleh perspektif tersebut. Tidak sedikit orang yang ternyata sukses di masyarakat setelah ia melewati keadaan yang umumnya disebut masalah oleh masyarakat. Apa pelajaran yang bisa diambil di sana? Orang-orang sukses tersebut tampaknya tidak kehilangan semangat dan memiliki pikiran yang kuat untuk melawan dilusinya. Mereka tidak mengolah keadaan yang sulit menjadi suatu perspektif yang disebut masalah melainkan sebagai suatu kesempatan. Kesempatan itulah yang dikejar dan diselesaikan oleh orang tersebut untuk mampu meraih suksesnya. Apakah anda sudah mulai sadar dari dilusi pikiran anda?


0 comments :

Post a Comment

 

PENULIS DALAM KATA


"Saya Orang yang Hebat dengan Mimpi yang Hebat karena Tuhan yang Hebat melahirkan saya untuk mengubah Dunia ini menjadi lebih Hebat"

I Wayan Bayu Diatmika dalam Dream Clothing Company, 2011

Temukan saya di Instagram

Jepret-Jepret Lensa Nakal

Temukan saya di Google

Bangga Menjadi Bagian Indonesia

Bangga Menjadi Bagian Indonesia
Indonesia merupakan sebuah negara yang sangat kaya. Alam yang Indah dengan Hasil Alam yang mellimpah. Iklim yang sangat baik untuk hidup. Manusia yang berlimpah dengan bakat dan kemampuan yang luar biasa. Budaya yang sangat maju, dan jauh lebih maju dibandingkan dengan negara yang mengaku sebagai negara yang maju dan adi daya saat ini. Kemampuan Spiritual di Indonesia juga sangat tinggi. Tuhan benar-benar dipahami dan diketahui oleh Leluhur Indonesia. Itulah Manusia, Alam, Budaya dan Tuhan yang selalu membuat kebanggan menjadi bagian dari Indonesia.

Tuhan, Manusia, Alam

Tiga hal yang harus diseimbangkan dalam mencapai kebahagiaan ialah Tuhan, Manusia dan Alam. Konsepsi Tertingginya ialah berbakti kepada Tuhan. Bakti tersebut turun ke dalam dua konsep berikutnya ialah menjaga hubungan baik dengan Manusia dan Alam. Muara dari pemahaman ini ialah tentang seberapa baik manusia memahami dirinya sendiri.

Kebenaran?

Kebenaran adalah Kepedulian. Saat engkau berbuat sesuatu kepada orang lain dengan berlandaskan pada Kepedulian maka di sana terdapat Kebenaran. Saat engkau berbuat Baik sekalipun kepada orang lain namun dengan berlandaskan menginginkan suatu balasan pahala dari Tuhan maka perbuatan tersebut telah menjauhi substansi kebenaran. Dimana kepedulian ditegakkan menjadi landasan perbuatan maka di sana kebenaran telah tumbuh sebagai Pohonnya. OM, Santi

TWEET @IWAYANBAYU

YUK KUNJUNGI ASESORISMU DI SINI

 Luh Pernak-Pernik
Salah satu brand lokal yang mencoba untuk memberikan jiwa indie dalam produknya, Luh Pernak-pernik hadir untuk memberikan anda aksesoris untuk mempercantik penampilan harian anda. Luh PernakPernik menawarkan produ-produk ekonomi berupa kalung dan perhiasan yang mampu meningkatkan kepercayaan diri anda. Luh PernakPernik fokus memberikan produk yang memuaskan sehingga dalam setiap produknya, Luh PernakPernik selalu mengemas produk dalam bentuk box perhiasan eksklusif yang mampu membuat anda semakin menyayangi perhiasan anda. Saat ini, Luh PernakPernik telah mengembangkan usahanya dengan bekerja sama dengan beberapa pengerajin perhiasan khas bali sehingga produk yang ditawarkan oleh Luh PernakPernik juga menyediakan produk-produk yang bernuansa adat bali dan nusantara indonesia.  

SVAHARYA si Karya Anak Bangsa

SVAHARYA si Karya Anak Bangsa
Kekuatan Seni dan Produk Seni Indonesia sangat kuat, pantas untuk disandingkan dengan produk mancanegara. Keinginan Anak Bangsa yang satu ini sangat kuat untuk mengangkat kain batik, endek, dan kerajinan kain asli Indonesia lainnya untuk menjadi produk-produk yang berkualitas dan menjual. Dengan konsep produksi yakni satu produk hanya dimiliki oleh satu orang saja, pembeli mana yang tidak ingin memiliki produk yang eksklusif, berkualitas, dan hanya ada satu di dunia. Mari temukan produk tersebut di sini, di Svaharya, www.svaharya.com